Big Promo UV Viqua S5Q-PA ~ Setiap Hari

Click Me!

0821 2742 4060 | Jual pH Meter Lutron | Jual pH Meter

0821 2742 4060 | Jual pH Meter Lutron | Jual pH Meter


PH meter
PH meter ialah alat yang bisa digunakan untuk mengukur potensiometri pH, baik pada konsentrasi maupun aktivitas ion hydrogen, yang bersal dari larutan berair. Biasanya mempunyai elektroda kaca dan juga ditambah dengan elektroda referensi kalomel, atau biasa disebut dengan elektroda kombinasi. pH meter biasanya digunakan untuk mengukur pH cairan, meskipun kadang-kadang digunakan untuk mengukur pH zat semi padat.

Pengunaan pH meter sangatlah berguna dalam berbagai situasi, termasuk ketika anda sedang bekerja didalam laboratorium kimia. pH meter dari berbagai jenis dan juga kualitas bisa digunakan untuk mengukur pH tanah pertanian, kulitas air, sistem pasokan air, kolam renang dan masih banyak lagi yang lain, untuk makanan bisa digunakan pada pembuatan bir dan industri domestik lain. Dan pada kesehatan bisa digunakan untuk memastikan keamanan jika diterpakan kepada pasien.

Sistem oprasi pH meter ialah dengan menghubungkan tegangan anatara dua elektroda dan kemudian akan menampilkan hasilnya selanjutnya akan diubah menjadi nilai pH. Di mana sistem ini terdiri dari amplifier sederhana dan sepasang probe serta beberapa bentuk tampilan kalibrasi pH. Probe merupakan bagian penting  dimana memliki struktur batang dan terbuat dari kaca dan lampu yang berisis sensor terdapat pada bagian bawah. Kalibrasi dilakukan sebelum mangunakan pH meter agar dapat memastikan akurasi terbaik dimana biasanya digunakan untuk mengukur pH suatu larutan, probe akan dicelupkan kedalam larutan tersebut. Probe pada pH meter diharukan agar tetap bersih dan tidak terkontaminasi serta tidak tersentuh oleh tangan , penyimpanan terbaik untuk probe ialah tempat yang memiliki kelembaban dimana tempat itu memliki media untuk probe seperti air suling yang bisa mendorong difusi dari elektroda. Apabila terjadi kontaminasi pada penggunaannya bisa dibersihkan dengan cara dibilas dengan air segara atau aquades apabila telah digunakan.

Kalibrasi dan penggunaan Untuk memperoleh hasil yang paling optimal, pH meter haruslah dikalibrasi sebelum untuk melakukan pengukuran. Dan untu pengukuran kalibrasi yang normal harus dilakuakn setiap sebelum digunakan.    Alasan dalam kalibrasi ini karena elektroda kaca tidak dapat memberikan emf yang diproduksi selama periode yang cukup lama karena itulah kalibrasi harus dilakukan dengan setidaknya dua penyangga standart yang dapat mencangkup nilai pH yang akan diukur. Untuk tujuan umum buffet pada pH 4,00 dan Ph 10,00 juga dapat diterima.

pH meter memiliki suatu control (kalibrasi) dalam mengatur pembacaan nilai dari buffer standar pertama dan control kedua yang digunakan dalam pembacaan nilai dengan buffer kedua. Dan control ketiga harus memungkinkan agar suhu harus ditetapkan. Sachet yang dapat diperoleh dari berbagai penjual biasanya akan memberikan penjelasan bagaimana perubahan nilai buffer dengan suhu. Dan dalam pengukuran yang efisien sebaiknya menggunakan tiga buah penyangga. pH 7 merupakan nilai titik nol, kalibrasi pada pH 7 pertama, kemudian kalibrasi lagi pada pH yang lebih dekat dengan media pH seperti 4 dan 10 keduanya akan memberikan titik ketiga dimana akan memberikan akurasi linear untuk yang memiliki dasar linear nol. Dan beberapa meter akan memungkinkan tiga poin terhadap kalibrasi yang memungkinkan tiga poin kalibrasi dan ini merupakan skema yang sangat disukai karena akan lebih akurat.

pH meter berbentuk seperti pena sederhana dan digunakan pada laboratorium dimana memiliki alat alat yang lebih kompleks serta harga yang mahal.