Dapatkan harga terbaik, konsultasi terbaik & keamanan produk di sini

Apa Bedanya COD, TOC, dan BOD?

BOD atau Biochemical/Biological Oxygen Demand adalah pengukuran makanan (atau karbon organik) bakteri yang dapat dioksidasi. Pengukuran biologi-kimia bersifat interchangable khususnya dalam monitoring polutan air.

WTW CR 2200_thermoreactor

Hampir pada semua plantasi treatment air limbah diperlukan pengukuran salah satu atau semua dari ketiga parameter, COD, TOC, dan BOD, untuk mengidentifikasi nilai polusi pada air. Tipikalnya, pengukuran nilai tersebut memenuhi hubungan:
Nilai COD > Nilai TOC > Nilai BOD
COD atau Chemical Oxygen Demand adalah pengukuran total dari semua bahan kimia di air yang dapat dioksidasi.

TOC atau Total Organic Carbon adalah pengukuran dari karbon organik.

BOD atau Biochemical/Biological Oxygen Demand adalah pengukuran makanan (atau karbon organik) bakteri yang dapat dioksidasi. Pengukuran biologi-kimia bersifat interchangable khususnya dalam monitoring polutan air.

COD biasanya merupakan pengukuran bahan-bahan kimia, yang prosesnya simpel dan mudah dilakukan dengan peralatan yang tepat hanya dalam waktu 2 jam.

TOC membutuhkan peralatan yang lebih mahal namun pengukurannya sangat cepat, hanya dalam hitungan menit saja.

BOD lebih lama pengukurannya, biasanya membutuhkan waktu 5 hari.

Tujuan Pengukuran COD

Pengukuran nilai-nilai ini merupakan standar regulasi pemerintah untuk menentukan jumlah polusi dalam arus air, dengan tujuan untuk mengontrol dan membatasi jumlah bahan kimia yang 'boleh' mengkontaminasi danau dan sungai jika ditinggalkan dalam bentuk limbah akhir (pasca treatment).

Beberapa perkotaan ingin mengukur jumlah bahan kimia pada air masukan untuk memastikan dan mengukur seberapa banyak treatment tambahan apabila dibutuhkan untuk mendapatkan air bersih yang didistribusikan ke rumah-rumah.

Tidak hanya penting untuk mengetahui pengukuran mana yang sedang Anda lakukan, tetapi mengapa, bagaimana sampel diambil, dan variasi metode performa.

Sampah masuk, sampah keluar, prosedur sampling yang tepat, dan metode pengambilan, semuanya adalah hal yang sangat penting dan dapat membuat perbedaan apakah melanggar ijin atau tidak.

Jangan hanya karena hasil pengukuran BOD dikeluarkan oleh sebuah laboratorium, berarti prosedur nya eksak sama dengan pengukuran yang dilakukan oleh laboratorium lain.

Tahukah kamu bahwa beberapa laboratorium tidak menambahkan bibit bakteri? Jika terdapat sedikit bakteri di sampel, hasil BOD akan tampak rendah. Jika pada pengukuran limbah terdapat biosida, hasil BOD juga akan rendah.

Jika terdapat kadar amonia atau alga pada air sampel, pembacaan BOD tinggi salah akan muncul. Jika sampel didiamkan beberapa hari dan muncul septik sebelum pengukuran dilakukan, air akan membutuhkan lebih banyak oksigen dan jika tidak diatur secara tepat, pembacaan yang salah kembali akan muncul.

Test COD mengukur semua karbon organik terkecuali beberapa aromatik (seperti benzene, toluene, phenol, dan lain-lain) yang tidak teroksidasi secara sempurna dalam reaksi. COD adalah reaksi oksidasi termal, sehingga, substansi-substansi tereduksi lainnya seperti sulfida, sulfit, dan ferrous iron akan teroksidasi dan dilaporkan sebagai COD. NH3-N (ammonia) TIDAK dioksidasi sebagai COD.

Untuk mengukur kebutuhan oksigen, biochemical oxygen demand (BOD) mengandalkan bakteri untuk mengoksidasi materi organik yang sudah tersedia selama periode inkubasi 5 hari.

COD menggunakan bahan kimia untuk mengoksidasi materi organik. Secara umum COD cenderung dipilih dibandingkan BOD untuk pengukuran kontrol proses karena hasilnya lebih mudah diulang dan didapatkan hanya dalam waktu 2 jam dibandingkan 5 hari pengukuran BOD.

Dalam waktu 5 hari, tentu kondisi plantasi treatment air limbah sudah berbeda, sehingga monitor dan kontrol real time tidak dapat mengandalkan hasil pengukuran BOD.
harga bod meter, jual bod meter, beli bod meter

BOD mensimulasikan proses plantasi treatment sebenarnya dengan mengukur maikroorganisme material organik yang dapat dioksidasi. Meski COD comparable dengan BOD, sebenarnya COD mengukur materi yang dioksidasi secara kimiawi.

Pengukuran COD bukanlah pengganti pengukuran BOD; namun biasanya terdapat rasio tipikal antara kedua tes ini setelah pengukuran berkala selama periode tertentu.

Untuk sampel industri, COD bisa jadi satu-satunya pengukuran yang dilakukan karena keberadaaan bibit bakteri atau gangguan kimia lainnya akan mengganggu penentuan BOD, sehingga nilai nya memiliki error yang besar pada kondisi air treatment sebenarnya.

Pengukuran COD juga memberikan pengukuran yang cepat yang dibutuhkan banyak sistem treatment untuk penentuan keputusan terkait pengaturan ulang kontrol proses.

Banyak laboratorium industri dan perkotaan menemukan pengukuran COD dan BOD secara paralel bermanfaat karena pengukuran COD dapat dijadikan sebagai target rentang spesifik BOD.

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:
0821 4000 2080 (Fajri)
0812 2445 1004 (Kartiko)

0813 2259 9149 (WA)


=================================

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com
http://www.pasirkuarsa.org

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.net

https://www.hargaphmeter.com/
https://www.jualphmeter.com/

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Wastewater di:
http://www.pengolahanlimbah.com

Untuk kebutuhan lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.uvwater.id

=================================

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Ady Water Bandung
https://goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2

Ady Water Jakarta Barat
https://goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw

Ady Gas
https://goo.gl/maps/dxH7ev1whuFVSpxv8

Ady Lab
https://g.page/ady_lab_ph_do_orp_tds_toc_meter

jual lampu UV
https://g.page/AdyWaterLampuUv

Jual Pasir Silika Aquascape
https://goo.gl/maps/4X89hJk9NtjBCHAN9

Ady Water Ciracas



https://maps.app.goo.gl/DqFug6kKjX4P3K2u9