Big Promo UV Viqua S5Q-PA ~ Setiap Hari

Click Me!

Penjelasan Lengkap tentang ORP | Kami Jual ORP Meter Murah!

Apa itu Redoks?

Redoks adalah istilah yang menjelaskan berubahnya bilangan oksidasi (keadaan oksidasi) atom-atom dalam sebuah reaksi kimia.
ilustrasi reaksi redoks
Hal ini dapat berupa proses redoks yang sederhana seperti oksidasi karbon yang menghasilkan karbon dioksida, atau reduksi karbon oleh hidrogen menghasilkan metana(CH4), ataupun ia dapat berupa proses yang kompleks seperti oksidasi gula pada tubuh manusia melalui rentetan transfer elektron yang rumit.

Istilah redoks berasal dari dua konsep, yaitu reduksi dan oksidasi. Ia dapat dijelaskan dengan mudah sebagai berikut:
  • Oksidasi menjelaskan pelepasan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion
  • Reduksi menjelaskan penambahan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion.
Walaupun cukup tepat untuk digunakan dalam berbagai tujuan, penjelasan di atas tidaklah persis benar. Oksidasi dan reduksi tepatnya merujuk pada perubahan bilangan oksidasi karena transfer elektron yang sebenarnya tidak akan selalu terjadi. Sehingga oksidasi lebih baik didefinisikan sebagai peningkatan bilangan oksidasi, dan reduksi sebagai penurunan bilangan oksidasi.

Dalam praktiknya, transfer elektron akan selalu mengubah bilangan oksidasi, namun terdapat banyak reaksi yang diklasifikasikan sebagai "redoks" walaupun tidak ada transfer elektron dalam reaksi tersebut (misalnya yang melibatkan ikatan kovalen).

Aplikasi Pengukuran Redoks

ORP Meter merupakan alat yang memiliki kemampuan untuk mengukur oksidasi dan konsentrasi suatu bahan kimia. Aplikasi ORP meter misalnya di kolam renang. Dengan menggunakan ORP meter ini kita dapat mengukur kandungan klorin bebas dan pH dalam kolam renang secara cepat dan akurat, sehingga treatment pada air selalu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para perenang dari kandungan unsur berbahaya tadi.

Pada sebuah ORP (Oxidation-Reduction Potential) meter biasanya terdiri dari dua buah elektroda (muatan listrik antara dua kutub untuk mengukur resistensi di dalam air). Satu elektroda pada umumnya terbuat dari bahan perak dan dikelilingi dengan larutan elektrolit. Pada bagian ini akan menghasilkan tegangan yang konsisten. Dengan demikian, maka akan memberikan referensi ke probe lainnya untuk dapat dibandingkan.

Salah satu elektroda lainnya, terbuat dari platina, yang akan mengukur tegangan di dalam kolam. Perbedaan pengujian inilah yang akan dijadikan data yang akan ditampilkan sebagai hasil pengukuran. Perlawanan dari kedua elektroda ini disebabkan oleh pertukaran elektron elektron ketika oksidasi klorin terjadi.

Kandungan pH air dapat mempengaruhi hasil pengukuran ORP meter ini. Penganalisis pH biasanya digunakan bersama dengan ORP meter untuk memastikan kadarnya dalam batas yang ditentukan.


Rentang ORP ±1000 mV
Resolusi ORP 1 mV
Akurasi ORP ±2 mV
Rentang Temperatur -5.0 to 60.0°C / 23.0 to 140.0°F
Resolusi Temperatur 0.1°C / 0.1°F
Akurasi Temperatur ±0.5°C /±1°F
Kalibrasi ORP Kalibrasi pabrik
Battery Type/Life 1.5 V (4) Hampir 300 jam penggunaan kontinu; otomatis mati setelah 8 menit tanpa penggunaan
Electrode/Probe Elektrode ORP replacable
Lingkungan -5 to 50°C (23 to 122°F); RH max 100%
Dimensi 163 x 40 x 26 mm (6.4 x 1.6 x 1.0’’)
Berat 100 g (3.5 oz.)


Rentang ORP ±999 mV
Resolusi ORP 1 mV
Akurasi ORP ±5 mV
Battery Type/Life 1.5 V (4) Hampir 700 jam penggunaan kontinu
Lingkungan -5 to 50°C (23 to 122°F); RH max 100%
Dimensi 163 x 40 x 26 mm (6.4 x 1.6 x 1.0’’)
Berat 100 g (3.5 oz.)


Rentang ORP -999 to +1000 mV 
Resolusi ORP 1 mV
Akurasi ORP 0.5% (+/-2mV) 
Rentang Temperatur 0-80°C; 32-176°F 
Resolusi Temperatur 0.1°C / 0.1°F
Kalibrasi ORP Kalibrasi digital
Battery Type/Life 1.5 V (3)
Electrode/Probe Elektrode ORP replacable
Lingkungan -5 to 50°C (23 to 122°F); RH max 100%
Dimensi 18.5 x 3.4 x 3.4 cm (7.3 x 1.3 x 1.3 inches) 
Berat 96.4 g (3.4 oz)


Rentang ORP 1999 mV to -1,999 mV
Resolusi ORP 1 mV
Akurasi ORP ± 3% F.S. * 23± 5 ℃
Rentang Temperatur 0 to 50 ( 32 to 122 )
Battery Type/Life 006P DC 9V battery
Electrode/Probe Elektrode ORP profesional dengan akurasi tinggi dan kehandalan ekstrim
Dimensi 135 x 60 x 33 mm
Berat 196 g/0.43 lb

Nilai ketahanan yang baik untuk kolam renang adalah pada kisaran 600 hingga 700 mV. Menyeimbangkan berbagai residu klorin bebas ( Free Chlorine ) dan pH adalah dua faktor paling penting dalam keseimbangan kimia yang baik. Jika pH terlalu tinggi (di atas 8) atau terlalu rendah (di bawah 6,8), klorin menjadi kurang efektif.

Dengan menggunakan ORP meter kita tidak dapat mengetahui berapa banyak kandungan klorin atau tingkat keasaman atau pH di dalam air. Akan tetapi ORP meter ini memberitahu seberapa efektif klorin ketika ber-oksidasi dengan bahan organik dan sanitasi kolam. Sehingga tidak hanya mengukur kuantitas klorin.

Dalam penggunaanya, ORP meter ini tidak terbatas dalam industri kolam renang umum saja, tetapi ORP Meter ini banyak digunakan juga dalam bidang perikanan, peternakan untuk mengukur pengurangan potensi oksidasi untuk menjamin kesehatan ternak mereka.

Pada beberapa industri lain, membutuhkan penanaman alga. Alga membutuhkan sekumpulan kondisi yang spesifik untuk memenuhi kebutuhan petani, salah satunya potensi ORP. Akibatnya, ORP meter dapat digunakan untuk memastikan bahwa kondisi lingkungan yang akan digunakan sudah ideal untuk perkembangan alga.