Big Promo UV Viqua S5Q-PA ~ Setiap Hari

Click Me!

Pilihan Terbaik Para Profesional: DO Meter Hanna HI 9142

Hanna Instruments adalah salah satu produsen alat ukur saintifik utama berskala global. Ady Water pun bangga menjadi distributor alat laboratorium dari Hanna Instruments untuk kebutuhan alat-alat lab di Indonesia.

Salah satu alat ukur yang paling banyak dibutuhkan khususnya di industri water treatment adalah DO meter. Kenapa DO atau dissolved oxygen harus diukur?

Oksigen terlarut (Dissolved Oxygen / DO) adalah parameter penting untuk menentukan stabilitas air dan kemampuan bertahan hidup habitat air. Aplikasi pertama adalah bidang yang berkaitan dengan pembudidayaan dan penelitian ikan. Sebagai contoh, konsentrasi kritis oksigen untuk ikan pada umumnya adalah 4 mg O2/L air. Apabila kurang dari kadar tersebut, ikan bisa mati bahkan dengan instan. Maka penting untuk melakukan monitoring dengan presisi secara berkala.

Aplikasi kedua misalnya dengan memasukan sejumlah kadar oksigen dalam air minum yang akan membuat konsumsi air menjadi lebih sehat. Karena, kadar oksigen yang terlarut akan dipakai di dalam tubuh kita yang merupakan komponen utama untuk mengikat hemogoblin dan disimpan di otot di myogoblin. Konsentrasi oksigen yang dalam batas aman dan baik untuk diminum adalah 6-8 mg/L, tentu harus menggunakan alat ukur yang presisi seperti DO meter

Prinsip pengukurannya adalah dengan metode Winkler, yaitu pengikatan oksigen oleh pereduksi MnO4 menjadi Mn(OH)2 dan membebaskan I2. Jumlah I2 yang dibebaskan sama dengan O2 yang ada di perairan. Adapun metode DO meter prinsipnya adalah pembacaan secara digital dengan penghantaran menggunakan elektroda yang dicelupkan ke dalam air sampel.

Jika Anda membutuhkan DO meter dari Hanna Instruments yang memiliki banyak kelebihan, kami menawarkan Anda 2 tipe nya yang didistribusikan di Indonesia.

DO Meter HI 9142


Fitur DO Meter HI-9142

  • Tutup Membrane Replacable
    Membran pretensi polytetrafluoroethylene (PTFE) menerapkan desain tutup skrup untuk kemudahan mengisi elektrolit dan penggantian probe.
  • Sistem Pengukuran Polarographic
    Alat ukur dan probe menggunakan teknologi sensor polarographic yang didasarkan dari metode pengukuran polarographic Ross dan Clark. Probe ini terdiri dari katode platinum dan anode perak pada larutan elektrolit yang ditahan di atas permukaan elektrode menggunakan membran polimer. Voltase external diterapkan sepanjang sistem menghasilokan arus sebanding dengan konsentrasi dissolved oxygen.
  • Kalibrasi Satu atau Dua Titik
    Kalibrasi HI9142 diterapkan sebagai kalibrasi manual pada 100% dan kalibrasi otomatis dalam larutan nol oksigen.
    Berikut cara kalibrasi DO Meter HI 9142
  • Kompensasi Temperatur Otomatis
    DO Meter HI9142 mengkompensasi perubahan kelarutan oksigen dalam air dan permeabilitas membran polimer dari efek temperatur secara otomatis.

Spesifikasi DO Meter HI-9142

Rentang DO 0.0 to 19.9 mg/L (ppm)
Resolusi DO 0.1 mg/L (ppm)
Akurasi DO (@ 25°C/77°F) ±1.5% F.S.
Rentang Temperatur -5.0 to 50.0°C (23.0 to 122.0°F)
Resolusi Temperatur 0.1°C (1°F)
Akurasi Temperatur (@ 25°C/77°F) ±0.2°C (±1°F) (excluding probe error)
Kompensasi Temperatur automatic, 0 to 50°C (32 to 122°F)
Probe polarographic DO probe, internal temperature sensor, DIN connector
Kalibrasi manual, at one or two points (zero and slope)
Battery Type / Life 1.5V AA (4) / approx. 500 hours of use
Lingkungan 0 to 50°C (32 to 122°F); RH max 100%
Dimensi 196 x 80 x 60 mm (7.7 x 3.1 x 2.4")
Berat 500 g (1.1 lb.)