Dapatkan harga terbaik, konsultasi terbaik & keamanan produk di sini

Bagaimana Langkah-langkah Menggunakan DO Meter?

Bagaimana Langkah-langkah Menggunakan DO Meter?

Tahukah Anda Bagaimana Langkah-langkah Menggunakan DO Meter? Tidak banyak yang mengetahui, khususnya bagi user DO meter yang baru mengenal atau baru belajar cara menggunakan DO meter. Hal ini karena DO meter adalah alat ukur, namun tidak seperti alat ukur yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anda tentu banyak menggunakan alat ukur kan, misalnya seperti timbangan untuk menimbang bahan masakan, tapi berapa banyak diantara Anda yang menggunakan timbangan saintifik yang dapat akurat hingga 5 angka di belakang koma? Anda tentu sering menggunakan meteran untuk mengukur tinggi badan atau mengukur bagian tubuh saat hendak membuat baju, tapi berapa banyak yang menggunakan alat ukur milimeter skrup untuk menentukan lebar kertas? Alat ukur ini disebut dengan nama alat ukur saintifik, DO meter adalah termasuk diantaranya.

Langkah-langkah menggunakan DO Meter harus diketahui oleh petugas yang khusus menggunakannya, baik untuk kebutuhan industri makanan dan minuman, penanganan limbah, bisnis budidaya ikan dan pertambakkan, industri cat dan tekstil, dan seterusnya yang membutuhkan informasi akurat mengenai kadar oksigen di dalam larutan.

Beruntungnya Anda, saat ini DO meter sudah didesain secara khusus sehingga Anda bisa melakukan langkah-langkah menggunakan DO meter hanya dalam 5 menit saja. Prosedur yang dibuat oleh manufaktur DO meter ini memanfaatkan kecanggihan teknologi sehingga bagi Anda yang mungkin baru mengenal bahkan baru melihat DO meter, dengan mempelajari nya dengan singkat sudah bisa menggunakannya. Tentu saja, selain paham langkah-langkah menggunakan DO meter, baik juga jika Anda mengerti dasar teori atau seperti apa sebetulnya DO meter ini bekerja.

Apa yang terjadi jika Anda tidak mengikuti langkah-langkah menggunakan DO meter yang benar? Kemungkinan besar hasil pengukuran Anda akan memiliki galat/error (penyimpangan) yang besar. Tentu berbahaya, khususnya jika level DO yang Anda ukur berkaitan dengan makhluk akuatik seperti di budidaya ikan, kerang, udang, dan seterusnya. Oleh karena itu, Anda harus dapat memahami 4 langkah-langkah menggunakan DO meter di bawah ini.



Untuk lebih jelasnya, ADY LAB juga menuliskan secara umum langkah-langkah menggunakan DO meter dalam guide di bawah ini.
Cara Mengukur DO Meter

Langkah-langkah Menggunakan DO meter yang baik dan benar

Ada 4 tahapan dalam langkah-langkah menggunakan DO meter yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut:
1. Siapkan DO Meter, perlengkapan, dan sampel larutan yang akan diperiksa. Jika Anda memeriksa langsung di lapangan, maka pastikan Anda berdiri di posisi yang aman. Jangan hiraukan keselamatan Anda dalam mengukur DO air di lingkungan, khususnya jika sungai atau danau tersebut dalam dan Anda tidak memiliki kemampuan untuk berenang. Pastikan pula kelengkapan alat DO meter seperti DO meter, probe, manual sheet, log data, dan seterusnya. Oh ya, bagi Anda yang ingin membeli DO meter, bisa menghubungi ADY LAB, dengan nomor kontak di bawah artikel.
2. Lakukan kalibrasi DO meter terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Jangan khawatir, karena sebagian besar DO meter digital sudah dilengkapi dengan mode kalibrasi automatis, yaitu ketika dihidupkan langsung mengkalibrasi. Di layar, pengukuran DO akan naik dari 0 hingga 100, lalu kembali ke posisi awal.
3. Ukur konsentrasi DO dari sampel dengan mencelupkan probe DO Meter. Ingat, Anda harus mencelupkan betul-betul sehingga seluruh batang probe terbenam, jangan hanya mencelupkan ujungnya saja.
4. Setelah beberapa saat mencelupkan sehingga pengukuran tidak bergerak, angkat probe dan bilas lalu keringkan probe, kemudian simpan kembali DO meter pada tempat yang tersedia.

Sudah pahamkan bagaimana langkah-langkah menggunakan DO meter? Oh ya, jika Anda berminat mem beli DO Meter dari ADY LAB, silakan hubungi:

0821 4000 2080 (Fajri Nur Adrianto)
0812 2445 1004 (Kartiko Chahyo Laksono)

Jika Anda membutuhkan media filter untuk Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Water di:
http://www.adywater.com
http://www.karbonaktif.org
http://www.pasirsilika.com
http://www.pasirkuarsa.org

Untuk kebutuhan alat-alat lab untuk pengukuran berbagai parameter dalam Water & Gas Treatment, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.alatdometer.com
http://www.bodcodmeter.com
http://www.turbidutymeter.com
http://www.tocanalyzer.net
http://www.conductivitymeter.net

https://www.hargaphmeter.com/
https://www.jualphmeter.com/

Untuk kebutuhan produk dan jasa pengolahan limbah, silakan kunjungi web official Ady Wastewater di:
http://www.pengolahanlimbah.com

Untuk kebutuhan lampu UV Sterilisasi air dan Ozone Generator, silakan kunjungi web official Ady Lab di:
http://www.uvwater.id

=================================

Kantor Pusat Bandung:
Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Kantor Cabang Jakarta:
Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 6, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Kantor Cabang Jakarta 2:
Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.13/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830

Kantor Cabang Surabaya:
Jalan S. Parman IVA No.8 Waru Sidoarjo (Depan Pendopo Lama Waru Sidoarjo) Daerah Belakang R.S Mitra Keluarga Waru Sidoarjo

====================================

Anda bisa mengikuti Ady Water di jaringan sosial media berikut:
Facebook
https://www.facebook.com/adylab/
http://www.facebook.com/adywater/
http://www.facebook.com/adyWATERadyLAB/

==================================

Anda bisa mendatangi cabang kami di alamat berikut:
Ady Water Bandung
https://goo.gl/maps/1pxxAb9hJYB2

Ady Water Jakarta Barat
https://goo.gl/maps/8oFcqgjW4mw

Ady Gas
https://goo.gl/maps/dxH7ev1whuFVSpxv8

Ady Lab
https://g.page/ady_lab_ph_do_orp_tds_toc_meter

jual lampu UV
https://g.page/AdyWaterLampuUv

Jual Pasir Silika Aquascape
https://goo.gl/maps/4X89hJk9NtjBCHAN9

Ady Water Ciracas


https://maps.app.goo.gl/DqFug6kKjX4P3K2u9